Rekrutmen Asesor

Kepada Yth.
Kepala LL-Dikti/Pimpinan PTN/PTS
Se- Indonesia
di Tempat

Assalamu’alaikum wr wb
Dengan hormat,

Berdasarkan ketentuan Pasal 55 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, bahwa untuk menentukan kelayakan Program Studi dan akuntabilitas publik dari suatu Perguruan Tinggi, maka harus ditentukan atas dasar kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI), serta penilaian terhadap Program Studi dan Perguruan Tinggi melalui “Akreditasi”. Akreditasi Perguruan Tinggi dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sedangkan Akreditasi Program Studi sebagai bentuk akuntabilitas publik dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) yang terdiri atas LAM Pemerintah dan LAM Masyarakat. Untuk lebih tertib dan lancarnya pelaksanaan ketentuan tersebut, maka perlu dilakukan rekrutmen dan penambahan terhadap Asesor PT dan PS yang belum ada LAM-nya sampai saat ini dengan ketentuan sebagai berikut:

A. PERSYARATAN:

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Sehat jasmani dan rohani;
  3. Memiliki integritas yang tinggi;
  4. Usia paling tinggi 65 (enam puluh lima) tahun untuk Guru Besar dan 60 (enam puluh)
    tahun bagi yang bukan Guru Besar pada saat mendaftar;
  5. Tidak pernah dihukum dan/atau sedang menjalani hukuman karena melakukan tindak
    pidana kejahatan;
  6. Dosen yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional;
  7. Memiliki pengalaman sebagai pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Fakultas/
    Pascasarjana, Ketua Jurusan atau nama lain yang sejenis;
  8. Tidak sedang memegang jabatan struktural sebagaimana dimaksud dalam angka (7);
  9. Berpendidikan Doktor dengan jabatan fungsional Lektor Kepala;
  10. Memahami atau berpengalaman dalam pengelolaan Perguruan Tinggi;
  11. Memiliki pengalaman di bidang penjaminan mutu pendidikan tinggi;
  12. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota partai politik;
  13. Bebas dari penggunaan dan keterkaitan dengan narkotika dan zat adiktif lainnya;
  14. Mendapatkan izin dari pemimpin perguruan tinggi; dan
  15. Memiliki wawasan dan komitmen yang tinggi untuk peningkatan mutu pendidikan tinggi.

B. TATA CARA PENDAFTARAN:

  1. Mengajukan surat lamaran/permohonan yang ditandatangani oleh pemohon/pelamar di
    atas materai Rp.10.000,- dengan melampirkan:
    • Daftar Riwayat Hidup (CV);
    • Pas foto terbaru, berwarna dengan ukuran 4×6 sebanyak 2 (dua) lembar;
    • Foto copy ijazah Doktor dan transkrip akademik;
    • Foto copy SK terakhir Jabatan Fungsional;
    • Fotocopy KTP;
    • Surat Keterangan sehat dari dokter yang terdiri atas:
      • keterangan sehat jasmani dari RS Pemerintah;
      • keterangan sehat rohani dari RSJ; dan
      • keterangan bebas narkotika dan zat adiktif lainnya yang dilengkapi dengan hasil pemeriksaan laboratorium dalam 3 (tiga) bulan terakhir dari BNN.
      • Surat pernyataan tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota partai politik yang ditandatangani di atas materai Rp.10.000.
    • Tulisan/makalah singkat tentang Urgensi Percepatan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi melalui Akreditasi PT, diketik pada kertas ukuran A4 dengan spasi 1,5, huruf Times New Roman 12, paling banyak 10 halaman;
  1. Surat lamaran/permohonan beserta seluruh dokumen persyaratan dikirim ke: Direktur
    Dewan Eksekutif BAN-PT c.q Ketua Tim Seleksi Asesor PT/PS melalui:
    Rekrutmen.asesor@banpt.or.id
  2. Penerimaan surat lamaran/permohonan mulai tanggal 15 Februari s.d. 22 Maret 2023.
  3. Pelamar/pemohon tidak diperkenankan berhubungan langsung dengan Tim Seleksi.
  4. Proses seleksi hanya berdasarkan kelengkapan dan nilai dokumen portofolio yang
    dikirimkan oleh pelamar/pemohon.
  5. Seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya.
  6. Keputusan Tim Seleksi tidak dapat diganggu gugat.
  7. Tim Seleksi berwenang membatalkan kelulusan pelamar/pemohon seleksi, apabila di
    kemudian hari ternyata pemohon/pelamar yang bersangkutan terbukti memberikan
    keterangan/data yang tidak benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami di : tel:085959344617

Kirim email ke kamilldiktixv@gmail.com